Landasan Teori
Prijodarminto (1994) dalam Tu’u
(2004:31) disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan berbentuk melalui
proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan,
kesetiaan, keteraturan dan keterikatan.
Menurut Johar Permana, Nursisto
(1986:14), Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui
proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan,
kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban
Maman Rachman (1999) dalam Tu’u (2004:32)
menyatakan disiplin sebagai upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu
atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan
dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam
hatinya.
Gordon (1996:3-4) membedakan kata
disiplin dengan mendisiplin. Disiplin biasanya diartikan sebagai perilaku dan
tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang
diperoleh dari pelatihan, seperti disiplin dalam kelas atau disiplin dalam tim
bola basket yang baik. Sedangkan kata mendisiplin didefinisikan sebagai
menciptakan keadaan tertib dan patuh dengan pelatihan dan pengawasan dan
menghukum atau mengenakan denda, membetulkan, menghukum demi kebiasaan.
Definisi
Operasional
Dari pengertian disiplin menurut
para ahli di atas, maka yang dimaksud disiplin siswa dalam penelitian ini
adalah sikap atau tingkah laku siswa yang taat dan patuh untuk dapat
menjalankan kewajibannya untuk belajar, baik belajar di sekolah maupun belajar
di rumah serta bertingkahlaku sesuai dengan norma dan tata tertib yang berlaku.
Adapun ciri-ciri disiplin dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Taat
terhadap peraturan dan tata tertib sekolah;
2. Taat terhadap kegiatan belajar di
sekolah;
3. Taat terhadap norma – norma yang
berlaku;
4. Taat
dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran; dan
5. Bertanggung jawab terhadap apa yang
diucapkan dan dilakukan
Jenis Instrumen
Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket atau kuesioner yang disusun dan
dikembangkan berdasarkan deskripsi teori diatas.
Kisi –
Kisi Instrumen
No
|
Aspek
|
indikator
|
item
|
jumlah
|
|
(+)
|
(-)
|
||||
1
|
ketaatan
|
a)
Bersungguh sungguh menjalankan
peraturan dengan tanggung jawab
|
10,13
|
|
2
|
b) Pengetahuan siswa
dalam melihat arti pentingnya disiplin di sekolah
|
5
|
2
|
2
|
||
c)
Perilaku siswa yang menunjukkan tindakan disiplin pada
waktu proses belajar
|
1,8,9,22
|
23,24,25
|
6
|
||
2
|
kesetiaan
|
a)
Menunjukkan adanya keseimbangan antara tindakan yang
dilaksanakan denganucapan
|
|
11
|
1
|
b) Menunjukkan sikap
berani menanggung semua resiko atau konsekuensi dari apa yang telahdilakukan.
|
|
6
|
1
|
||
c) Mengetahui kewajiban
dandapat menempatkannya (disekolah sebagai siswa dan dirumah sebagai anak
|
27
|
|
1
|
||
3
|
ketertiban
|
a)
Mengetahui batasan-batasansikap jika berada di sekolah
ataudirumah.
|
26
|
19,20
|
3
|
b)
Menghargai peraturan yang dibuat sekolah
|
4,7
|
3,12
|
4
|
||
c)
Menjaga lingkungan sekolah agar senantiasa indah, aman
dannyaman
|
16,17
|
14,15,
18,21
|
6
|
DAFTAR
ANGKET DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH
Nama :…………
Kelas :…………
Hari
/ tgl :…………
Alamat :…………
Berikut ini disajikan
sejumlah pernyataan mengenai pengalaman anda dalam berperilaku sehari-hari.
Angket ini bukan tes, oleh karena itu tidak ada jawaban benar atausalah.
Seluruh pernyataan dalam angket ini tidak mengandung unsur penilaian yang
berpengaruh terhadap nama baik, nilai maupun prestasi anda di sekolah, serta
apapun yang anda isi pada lembar jawaban akan dijamin
kerahasiaannya.
Bacalah dengan cermat dan teliti setiap
pernyataan dari angket ini, dan berilah tanda silang ( x ) yang sesuai dengan
keadaan anda !!.
1. Saya minta izin terlebih dahulu kepada guru
yang sedang mengajar jika ada keperluan untuk keluar kelas.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. tidak pernah
2. Saya
sengaja memperlambat datang ke sekolah.
a. Selalu b. kadang-kadang c. tidak pernah
3. Saya pulang sekolah sebelum waktunya
a. Selalu b. kadang-kadang c. tidak pernah
4. Saya datang ke sekolah sebelum bel berbunyi
a. Selalu b. kadang-kadang c. tidak pernah
5. Saya merasa rugi jika datang terlambat ke sekolah
a. Ya b.
tidak
6. Saya dipulangkan dari sekolah karena terlambat masuk
a.
Selalu b.
kadang-kadang c.
tidak pernah
7. Saya pulang sekolah tepat waktu
a. Selalu b. kadang-kadang c. Tidak pernah
8. Saya berada di kelas sebelum guru datang
a. Selalu b. kadang-kadang c. Tidak pernah
9. Saya suka berdiam di kelas sambil menunggu guru datang.
a.
Selalu b. kadang-kadang c. Tidak pernah
10. Setelah pulang sekolah, saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
a.
Selalu b. kadang-kadang c. Tidak pernah
11. Saya
berpura-pura ada keperluan untuk menghindari kegiatan ekstrakurikuler.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
12. Saya datang ke sekolah
ketika upacara sedang berlangsung.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
13. Saya mengikuti upacara sampai selesai.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
14. Baju saya dikeluarkan apabila
guru tidak ada di kelas.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
15. Saya memakai pakaian seragam ketat.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
16. Saya memakai seragam dengan atribut lengkap.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
17. Saya menggunakan sepatu sesuai aturan sekolah.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
18. Potongan rambut saya sesuka hati mengikuti mode.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
19. Saya
menggunakan accesoris yang berlebihan ke sekolah.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
20. Saya memakai make-up ke sekolah.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
21. Saya mewarnai rambut dengan cat rambut selain
warna hitam.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
22. Saya bertanya kepada guru apabila
ada pelajaran yang tidak dimengerti
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
23. Saya diam
saja apabila tidak sesuai dengan pendapat saya
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
24. Saya tidak
mau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
25. Saya tidak
memberikan gagasan/ide jika teman tidak
bisa mengerjakan tugasnya
a. Selalu b.
kadang-kadang c. Tidak
pernah
26. Saya mengucapkan salam ketika bertemu dengan kepala sekolah
a. Selalu b.kadang-kadang d. tidak pernah
27. Ketika
pulang dari sekolah saya membantu orang tua.
a. Selalu b. kadang-kadang c. tdk pernah
28. Saya mengerjakan
tugas tepat pada waktunya
a. Slalu b. kadang-kadang d. tdak pernah
maaf, mau menanyakan untuk menentukan tingkat disiplin nya,, apakah ada skor nilai nya? diperoleh dr mana?
BalasHapusterimakasih sangat membantu
BalasHapus